Header Ads

Selasa, 25 Desember 2018

KONSEP PEMASARAN

Pemasaran yang efektif dibangun melalui tiga elemen utama, yakni falsafah, segmentasi pasar dan prillaku konsumen. kalau kita mau mendirikan perusahaan kita mesti perlu mengintegrasikan ketiga elemen tersebut dalam pengembangan pasar maupun dalam memutuskan pilihan untuk menaklukan pasar baik memasarkan produk ataupun jasa.

1. Falsafah Pemasaran
Pemasaran yang dikendalikan oleh Produksi
falsafah seperti ini biasaya dilakukan oleh    perusahaan besar
yang mempuyai teknologi tinggi. 

Pemasaran yang dikendalikan oleh Penjual
Falsafah ini biasaya dianut oleh perusahaan
dealer mobil baru.

Pemasaran yang dikendalikan oleh Konsumen                                          falafah ini biasaya dikendalikan oleh konsumen didasarkan pada studi yang menemukan referensi, keinginan dan kebuthan konsumen, sebelum produksi benar benar dilaksanakan.

Tiga faktor utama yang mempengaruhi falsafah pemasaran
Tekanan Persaingan
persaingan yang kuat akan membuat bayak entrepreneur mencoba
mengembangkan pemasaran yang berorientasi kepada konsumen 
dengan tujuan memiliki kelebihan dibandingkan para pesaing.

Latar Belakang Pengusaha
latar belakang sangat beragam , sebagai entepreneur memiliki latar 
belang dibidang Pemasaran.

Pandangan Jangka Pendek
Sering kali penekatan semacam ini cenderung bersifat "banting harga" 
dan mengabaikan preferensi konsumen, sehingga dalam jangka 
panjang cenderung merugi

2. Segmentasi Pasar
  untuk mengetahui segmen pasar yang spesifik harus melakukan analisis terhadap sejumlah variabel utama yaitu:variabel demografi dan variabel benefit, Variabel demografi mencakup usia, staus perkawinan, jenis kelamin, pekerjaan penghasilan dan berbagai informasilainya. variabel benefit mencoba mengidetifikasikan atau menemukan  jenis kebutuhan yang belum terpenuhi adi pasar.

3. Prilaku Konsumen (Consumen Behavior)
    dipengaruhui oleh profil atau karakteristik konsumen

SHARETHIS

Back To Top